Cara Ampuh Mencegah Muncul Jamur Di Rumah

Jamur merupakan sebuah tumbuhan yang tidak memiliki zat hijau daun, dimana jamur mendapatkan makanannya dari tanaman yang sudah mati. Jamur digolongkan menjadi dua yaitu jamur yang berbahaya dan jamur yang tidak berbahaya. Jamur yang tidak berbahaya pada umumnya adalah jamur yang dikembangbiakan untuk konsumsi manusia, sedangkan jamur yang berbahaya adalah jamur yang memiliki racun dan tidak dapat di konsumsi manusia. Bagi sebagian orang jamur yang muncul di rumah merupakan jamur yang merugikan terutama pink mold, apabila ada ditembok bisa mengakibatkan tembok menjadi rapuh. Lalu bagaimana cara mencegahnya?

Cara Mencegah Jamur Muncul Di Rumah

Untuk mencegah jamur muncul di sekitar rumah kita, kita bisa melakukan beberapa cara agar jamur tidak mudah tumbuh disekitar rumah, beberapa cara mencegah jamur tumbuh dirumah antara lain.

Perbaiki ventilasi rumah

Memperbaiki atau memperbanyak ventilasi rumah merupakan jalan yang mudah, karena dengan aliran udara yang baik maka kelembapan ddi dalam rumah juga berkurang, karena seperti kita ketahui bahwa jamur suka atau senang tumbuh didaerah atau area yang lembap.

Tata furniture kayu dengan baik

Tata cara kita untuk meletakkan furniture kayu dengan baik ialah dengan cara jangan meletakkan furniture yang berbahan kayu pada sudut ruangan, karena walaupun kayu tersebut terlihat sudah kering, namun sebenarnya kayu tersebut masih banyak menyimpan air yang bisa membuat daerah disudut ruangan menjadi lembap dan mudah ditumbuhi jamur.

Perhatikan isi dalam lemari

Jika anda memiliki lemari dari kayu, lebih baik apabila isi lemari jangan sampai penuh, dikarenakan apabila lemari pakaian berisi pakaian dengan penuh maka dikhawatirkan aliran udara didalamnya tidak bisa berganti, sehingga bisa menumbuhkan jamur di pakaian atau didalam lemari.

pixabay.com

Bersihkan bekas kebocoran

Biasanya pipa wastafel atau pun setelah terjadi kebanjiran akan menyebabkan banyak air yang tergenang. Apabila itu terjadi segera bersihkan dan keringkan daerah tersebut dari air sehingga jamur tidak akan mudah tumbuh disekitar kebocoran tersebut, apalagi jika musim penghujan tiba akan semakin membuat daerah yang bocor tadi menjadi bertambah lembap.

Gunakan penyejuk udara

Kita bisa menggunakan AC atau kipas angin untuk mengurangi kelembapan udara yang ada didalam ruangan, karena kita harus mengurangi kelembapan udara di dalam ruangan kurang dari 60 %. Kita bisa mengetahui kelembapan udara di ruangan dengan menggunakan Hygrometer yang bisa kita beli di toko bangunan sekitar kita.

Atur pemakaian karpet di dalam rumah

Apabila kita ingin menggunakan karpet alangkah baiknya gunakan karpet yang tidak menutupi seluruh lantai ruangan, sehingga aliran udara dari dalam tanah bisa dengan bebas mengalir. Jika akan memakai karpet lebih baik gunakan karpet yang hanya diletakan di area tertentu saja.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk bisa mencegah jamur datang kerumah kita secara umum, lalu bagai mana cara mencegah jamur yang berada di dinding dan juga lemari. Berikut cara mencegah jamur yang berada di dinding dan juga lemari pakaian kita.

pixabay.com

Cara Mencegah Jamur di Dinding

Untuk mencegah jamur di dinding kita bisa melakukan hal-hal berikut ini

  1. Membeli produk cat yang bisa mencegah datangnya jamur, apabila tidak menemukan produk tersebut kita bisa menyemprotkan cairan antimikroba. Menyemprotkan semprotan antimikroba bisa untuk mencegah jamur atau spora dari jamur menempel di dinding.
  2. Menggunakan alat humidifier untuk menjaga kelembapan ruangan, sehingga dinding tetap memiliki kelembapan yang tidak berlebihan
  3. Bersihkan air yang menggenang yang biasanya akibat dari kebocoran genteng atau pipa, apabila kebocoran terjadi dan mengalir lewat tembok atau dinding rumah itu akan menyebabkan dinding kelebihan kelembapan, kita harus segera mengeringkannya menggunakan kipas angin atau menghidupkan AC
  4. Pemeliharaan sirkulasi udara yang baik di tempat-tempat yang memiliki kelambapan udara tinggi seperti dapur dan kamar mandi
  5. Apabila kita setelah mendi dan menggunakan handuk, segera keringkan handuk tersebut sebelum dicantelkan di dinding rumah
pixabay.com

Cara Mecegah Jamur di Lemari Pakaian

Untuk mencegah jamur tumbuh di lemari pakaian kita

  1. Pada saat pagi atau siang hari biasakan untuk membuka jendela kamar tidur kita, sehingga sirkulasi udara bisa masuk dengan baik, dengan begitu kelembapan udara dari lemari tetap terjaga
  2. Apabila kita melihat jamur yang belum berkembang terlalu banyak kita bisa menggunakan alkohol dengan konsentrasi 60-80% untuk menghilangkan jamur tersebut. Caranya gunakan kain dan celupkan kain kedalam cairan alkohol dan gunakan kain tersebut untuk membersihkan jamur yang menempel di lemari pakaian kita
  3. Penggunaan alas kayu untuk kaki lemari sangat dianjurkan agar kaki lemari tidak secara langsung menyentuh lantai dan bisa menjaga kelembapan kaki lemari itu sendiri, karena apabila jamur tumbuh di kaki lemari bisa berakibat kaki lemari menjadi rapuh dan mudah patah.
  4. Cat ulang lemari pakaian anda menggunakan cat yang memiliki lapisan tidak mudah ditumbuhi jamur, saat ini sudah banyak tersedia di toko cat.
  5. Meletakan lemari di dekat jendela juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk mencegah tumbuhnya jamur karena sirkulasi udara akan masuk dan keluar dengan baik, ditambah lagi cahaya matahari yang masuk juga membantu untuk mencegah tumbuhnya jamur

 

Bgitulah cara kita untuk bisa mencegah jamur masuk dan berkembang biak di dalam rumah kita. Point terpenting dari mencegah jamur yang ada dirumah adalah sirkulasi udara yang baik. Dengan sirkulasi udara yang baik maka jamur tidak akan mudah tumbuh.

Anita