Kenapa Anak Menangis Tanpa Sebab di Malam Hari?

Kita mungkin akan merasa cemas dan kaget ketika menjumpai anak menangis tanpa sebab di malam hari. Padahal kita tahu bahwa malam hari anak sedang melakukan aktivitas tidur dan beristirahat.

Jika menjumpai hal demikian maka kita sebagai orang tua tak perlu ikjt panik dalam menghadapi anak. Karena jika kita terlihat panik maka tangisan anak pun biasanya semakin keras.

Penyebab Anak Menangis Di Malam Hari

Kenapa Anak menangis tanpa sebab di malam hari? Ini juga biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut :

Teror malam bisa mengakibatkan tangisan pada anak.

Penyebab teror malam bermacam-macam diantaranya adalah anak terlalu lama menonton televisi,sehingga anak akan berimajinasi ketika tidur. Terlihat dari anak yang terbangun dimalam hari dan menangis keras disertai keringat dingin

Selain itu,teror malam juga disebabkan karena pada siang hari aktivitas bermain anak sangat tinggi. Untuk menghindari hal tersebut usahakan anak tidak terlalu lelah untuk beraktivitas dan membatasi menonton televisi.

Mimpi Buruk

Ketika anak bermimpi buruk di malam hari biasanya akan terbangun dan menangis histeris karena ketakutan.

Mengalami kelelahan karena melakukan banyak aktivitas

Jika anak menangis di malam hari bisa disebabkan karena pada siang hari anak terlalu melakukan banyak aktivitas bermain. Sehingga pada malam harinya kondisi tubuh anak akan terlihat capai.

Hal ini bisa diatasi dengan memberikan pijatan yang lembut pada anak. Pijatan akan memberikan sensasi nyaman dan anak pun bisa tertidur lelap

Merasakan sakit pada bagian tubuhnya

Ketika anak menangis dimalam hati bisa disebabkan karena anak merasakan sakit pada bagian tubuh tertentu. Sebagai orang tua jika hal itu terjadi pada anak maka kita bisa memberikan pelukan dan sentuhan yang lembut agar anak kembali tenang.

Keadaan sekitar yang tidak kondusif

Anak-anak cenderung lebih mudah sensitif terhadap kondisi yang terjadi disekitarnya walaupun anak sudah terlelap.  Misalnya kamar tidur terasa panas dan gerah yang membuatnya merasa tidak nyaman dan menangis.

Oleh karena itu pastikan sebelum anak tidur,kondisi kamar anak harus dibuat senyaman mungkin agar anak bisa beristirahat dengan tenang sehingga memiliki kualitas tidur yang baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.