Ingin Budidaya Kurma ? Kenali Dulu Bibitnya

Sudah sejak lama buah kurma lebih diidentikan dengan buah yang berasal dari neger-negeri timur tengah. Namun ternyata, beberapa negara diluar kawasan jazerah arab, juga telah membudidayakanya. seperti di kawasan dataran yuma, Arizona Amerika Serikat yang sukses dengan budidaya kurma super besar dan lezat bernama kurma medjool.

Sebanyak 70 kurma dari negeri paman sam ini dipasarkan di Indonesia. Selain itu, negara asia seperti thailand juga berhasil membudidayanya. Lalu, bagaimana di tanah air sendiri? apakah bisa ditanami buah kurma?

Umumnya, buah kurma tumbuh di kawasan tropis dengan tingkat kelembaban rendah, kondisi ini terdapat di beberapa wilayah di Indonesia.

Dengan demikian, Indonesia juga punya peluang membudidayakan kurma, seperti di kawasan Indonesia timur, yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT). Disana, iklimnya cocok untuk budidaya kurma bagi yang ingin mencobanya.

Selain NTT, kurma juga bisa tumbuh dan berbuah di beberapa wilayah Indonesia lainya seperti Bekasi, Lampung, Sumatera Utara, Riau, Yogyakarta, Jawa Barat dan Bangka, meski produksinya belum sebaik di negara-negara timur tengah. beberapa jenis kurma yang bisa ditanam di Indonesia yakni kurma KL-1 dan kurma Barhee. Yuk kenali bibit berbagai macam bibit kurma. Siap tahu kamu ingin mencoba membudiayakanya juga.

Bibit Kurma Cocok ditanam di Indonesia

pixabay.com

Bibit Kurma KL-1 dari Thailand

Sejak beberapa waktu kurma telah dibudidaya diluar jazerah arab, bahkan dibudidaya di negara-negara beriklim tropis. Seperti di Thailand yang membudidaya kurma namanya  KL-1 Maejo 36 atau di Indonesia disebut juga Kolak One (KL-1). Kurma jenis ini dapat berbuah di wilayah tropis, merupakan hasil persilangan jenis kurma bahree dengan kurma deglet nour.

Pohon kurma ini dapat berbuah pada umur 3 tahun sejak penanaman bibit, sedangkan di kawasan timur tengah, kurma umumnya dapat berbuah diatas umur 7 tahun. Selain di thailand, kurma KL-1 ini juga bisa tumbuh dan hidup di Malaysia dan di Indonesia. Saat ini di tanah air sudah banyak yang menjual bibit kurma thailand ini. juga sudah banyak dibudidaya, seperti di Sidoarjo, Aceh, yogyakarta, Padang dan beberapa wilayah lainya.

Bibit Kurma Ajwa

Kurma ajwa ini merupakan salah satu kurma yang paling banyak diminati. kurma ajwa memiliki rasa yang agak berbeda dari jenis lainya, yakni tidak terlalu manis, namun kandungan didalamnya sangat baik untuk tubuh. Daging kurma ajwa lembut dan tebal. Tampilanya berwarna hitam pekat, bentuknya bulat namun ukuranya agak kecil dibanding beberapa jenis lainya.

Buah kurma jenis ajwa sekarang ini sudah banyak dijual di Indonesia loh. Selain itu, banyak juga distributor yang menjual bibit kurma nabi. Berbagai ukuran bibit pohon kurma yang dijual di Indonesia mulai dari tinggi 1 mater, 1,5 meter, 2,5 meter, 3 meter dan 4 meter hingga ada juga yang menjual bibit yang sudah berbuah.

Untuk harga bibitnya sendiri terbilang relatif mahal, dan stoknya terbatas lantaran diimpor langsung dari negeri asalnya yang pastinya memerlukan izin resmi.

Di Indonesia, kurma ajwa waktu berbuah berkisat antara 6 sampai 8 tahun sejak masa penanaman bibit. Namun ada juga yang menawarkan tumbuh lebih cepat, yakni dibawah 5 tahun. Jika anda tertarik anda bisa menghubungi distributor resmi kurma ajwa, biasanya mereka bisa mengirimkan kurma pesanan konsumen di seluruh Indonesia.

Bibit Kurma H1 (Heng One)

pixabay.com

Bibit Kurma H1 merupakan bibit kurma yang dikembangkan di thailand dan cocok ditanam di kawasan beriklim tropis seperti di Indonesia. Bahkan, istimewanya, pohon kurma dapat berbuah manis meskipun usia tanamnya baru 3 tahun saja.

Nama bibit kurma H1 atau Heng One sendiri berasal dari nama penemu bibit tersebut yakni MR. Heng seorang warga Thaiiland. Bibit jenis ini merupakan pengembangan dari jensi kurma KL1, yang juga berasal dari negeri gajah putih.

Bibit kurma H1 kali pertama dikembangkan di area seluas 2 HA, dengan jumlah populasi sebanyak 3.400 pohon. Semua pohon kurma ini merupakan bibit dari biji indukan yang punya sifat dominan manis.Bibit atau pohon kurma H1 ini dapat menghasilkan warna berbeda, yaitu kuning, merah dan oren.

Buah yang dihasilkan secara keseluruhan memiliki rasa manis, tingkat manisnya rasa kurma H1 mencapai angka 32 briks. Ini termasuk tingkat manis yang tinggi.

Dengan perawatan yang baik, bibit/pohon kurma H1 dapat tumbuh dengan baik, dapat menghasilkan buah pada usia tanam 1 hingga 3 tahun. Pada usia 2,5 tahun, pohon kurma dapat menghasilkan buah sebanyak 10 kilogram sampai 20 kilogram.

Sedangkan pada usia 3 sampai 4 tahun, dapat menghailkan buah sebanyak 30 kg-50kg. Keunggulan pohon kurma ini, dapat bertahan di kelembaban ekstrim dan buahnya dapat matang dipohon tanpa perawatan spesial.  Agar perawatanya maksimal, bia memakai pupuk organik yang telah difrementasi.

Nah itulah macam-macam bibit kurma. Ternyata, buah ini tidak dibudidaya di kawasan timur tengah, tetapi juga bisa dikembangkan diberbagai negara, termasuk di Indonesia. Jika tertarik menanamnya, sebaiknya perhatikan kualitas bibit, jangan sampai salah pilih karena berpengaruh terhadap hasil buahnya. Dan jika sudah panen kalian bisa jual kurma sendiri di rumah loh, baik secara online maupun offline.

Anita