4 Kebiasaan Orang Sunda yang Masih Dilakukan Hingga Saat Ini

 

Kebiasaan adalah aktivitas yang dilakukan secara berulang ulang, bahkan dengan pola yang sama. Kegiatan ini menyebabkan ditiru oleh banyak orang dan diturunkan ke beberapa generasi selanjutnya. Hal ini juga berkaitan erat dengan kebiasaan yang dilakukan oleh beberapa suku hingga turun temurun ke generasi generasi selanjutnya. Salah satu kebiasaan orang sunda yang masih ada hingga saat ini adalah susahnya melafalkan huruf F. Berikut kebiasaan lainnya!

Kebiasaan yang Masih Dilakukan Hingga Saat Ini

  1. Susah Nabung

Rumor ini sepertinya bukan hanya isapan jempol karena banyak orang yang memeroleh uang dan langsung dipakai untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu, masyarakat Sunda terkenal royal kepada sesama bahkan saudara. Saat mereka berkunjung ke rumah orang lain, tidak segan segan memberi uang sehingga banyak pengeluaran yang harus dihabiskan. Inilah ciri dari orang suku Sunda yang masih dijaga hingga saat ini, bahkan telah diturunkan ke beberapa generasi.

  1. Kreatif

Orang yang berasal dari suku Sunda terkenal sebagai orang yang kreatif, terutama di bidang musik atau bermain alat musik. Kebiasaan orang sunda ini membuat banyak karya atau musisi yang berlatar belakang sunda. Bahkan musik Indonesia juga diwarnai alat musik tradisional Sunda, seperti angklung atau karinding. Tidak heran, banyak pula musisi Indonesia yang berasal dari Jawa Barat dengan karya yang tidak main main, bahkan dikenal hingga mancanegara.

  1. Ramah dan Sopan

Indonesia terkenal sebagai negara yang ramah kepada para pendatang, hal ini juga dianut oleh masyarakat Jawa Barat. Orang orang yang berasal dari provinsi ini memiliki filosofi bahwa harus ramah, besikap baik, menjaga, menjamu, dan membahagiakan setiap orang. Hal ini selalu mereka lakukan termasuk kepada orang yang baru dikenal atau ditemui. Filosofi satu ini yang membuat banyak orang betah berada di tanah Sunda dan bertemu dengan orang orangnya.

  1. Tidak Bisa Membedakan Huruf F dan P

Kebiasaan orang sunda satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, yaitu tidak bisa membedakan huruf F dan P. Banyak kata dalam bahasa Indonesia yang disusun dari dua huruf tersebut, tetapi mereka tidak bisa melafalkan dengan tepat. Fenomena ini dikarenakan tidak ada huruf F dalam aksara sunda yang dahulu kala dipakai untuk tulisan. kebiasaan ini jadi turun temurun dan masih ada hingga saat ini, meskipun tidak semua orang begitu.

Kebiasaan yang dilakukan setiap orang memang tidak sama, karena dipengaruhi oleh beberapa hal. salah satunya dipengaruhi oleh daerah asal atau sukunya, seperti suku yang ada di Jawa Barat. Banyak kebiasaan yang telah diturunkan hingga ke generasi milenial, yaitu kreatif, sulit menabung, ramah dan sopan, serta tidak bisa membedakan huruf F dan P. Keempat kebiasaan ini masih dapat anda temui jika berkunjung ke Jawa Barat dan bertemu dengan penduduk lokal.

Anita

Leave a Reply

Your email address will not be published.